3 Agu 2011

Membuat hotspot dengan modem 3G

hotspotan ga harus di cafe atau tempat nongkrong mana, yang bisa bisa buat kita KANKER (kantong kering), buat beli minum lah, makan lah, rokok lah. Mending buat beli sabun. (ga nyambung..hahaha).
Ada cara baru dalam ber Hotspot. yaitu nebeng temen yang punya modem, atau kalo kita yang punya modem, kita yang berbagi. sesuai dengan judul blognya. hehehehe...promosi..penasaran, check it out!


Perangkat yang dibutuhkan :
-      Modem 3G untuk koneksi internet
-      Wifi access point (option) bila digunakan untuk banyak komputer / laptop. Bisa juga menggunakan metode Adhoc peer to peer (antar laptop).
Dalam hal ini, akan menggunakan metode Adhoc (peer to peer) laptop dengan laptop.
Pastikan sudah terinstal driver modem 3Ganda dan telah di setting dengan benar. Buat koneksi peer to peer antar laptop dengan cara klik network connection  -> kemudian lihat status koneksi modem 3G anda (pastikan sudah konek dengan benar).
Setting Adhoc
Langsung menuju  Network Connection, klik kanan  Wirelees Network Connection -> Properties -> pada tab General -> Internet Protocol (TCP/IP) -> Properties,  kemudian set IP Address dan Subnetmask :
       IP Address : 192.168.0.1
       Subnet mask : 255.255.255.0
Klik OK, kemudian beralih ke tab Wireless Network. Klik  add,  kemudian tentukan nama SSID-nya, WEP key (opsional, jika mau menggunakan password dan lain – lain).
Selesai setting nama wifinya, klik OK, maka akan kembali ke  windows wireless network . Klik advanced , kemudian set ke Adhoc (computer – computer).
Jika sudah, klik close, kemudian klik OK untuk apply setting.  Setelah tahap setting laptop sebagai server sudah selesai, tinggal setiing pada client. Untuk client, masuk ke wireless network-nya, kemudian setting IP. Masukkan IP address dengan range class 192.168.x (isi terserah dan jangan sama dengan server) dengan subnetmask 255.255.255.0. Default gateway-nya diarahkan ke 192.168.0.1 (laptop pertama) dan anda tinggal koneksikan.

Dan, anda akan menjadikan kamar anda menjadi sebuah mini cafe. Bedanya kalo di cafe ga bisa tiduran, kalo di rumah bisa tiduran. Enak mana coba?? Keep innovate..

Tidak ada komentar:

saatnya anda canggih dan mengerti teknologi. selamat datang di blog saya. dapatkan yang anda cari

Shoutbox...


Free chat widget @ ShoutMix